Selasa, 27 Maret 2012

SERANGGA TOMCAT MERAJARELA


    



      Serangga TOMCAT atau kumbang ROVE yang memiliki racun penyebab luka pada kulit manusia,  ternyata takut pada sinar matahari.

Tomcat takut pada sinar matahari meskipun dia suka pada cahaya lampu.


   Di daerah lain sering menyebut tomcat dengan nama DOMPO yang jika terkena sengatannya maka akan menyebabkan penyakit dompo.

Jika terkena sengatan TOMCAT maka yang terjadi pada kulit adalah :

" Kulit akan memerah, bentol-bentol dan gatal. Jika semakin parah hingga sampai mengeluarkan nanah ".

Pengobatannya :

    Jika telah merasa gatal, jangan di garuk karena apabila di garuk merahnya akan menyebar dan tambah parah. Kalau gatalnya tidak dapat tertahankan atasi dengan cara di kompres dengan air hangat/panas, karena air panas akan dapat membunuh kuman.Jika ingin menggunakan obat, beli obat gatal yang berbentuk salep atau bedak. Dan jangan menutupi kulit yang terkena infeksi agar tidak lembab.


  Salah satu upaya penanggulangan adalah :

1.  Penyemprotan insektisida.
2. Menjaga lingkungan agar tetap bersih dan selalu bersihkan diri dari kuman.
3. Jangan sering membuka pintu di siang hari.
4. Jika tidur malam usahakan memakai kelambu di ranjang (bagi daerah yang telah terkena wabah tomcat).

Mau tau kenapa TOMCAT merajarela :

       Serangga tomcat sudah ada dari zaman dulu, dan tinggalnya di hutan dan sawah. Tapi sekarang ini habitat aslinya itu telah jadi tempat tinggal penduduk bahkan gedung-gedung pencakar langit. Jadi serangga tomcat tidak punya tempat tinggal lagi dan itu yang membuat serangga tomcat berhamburan ke rumah warga. Jadi koreksilah diri sendiri sebagai manusia, janganlah tamak terhadap ketidakpuasan. Semua musibah yang terjadi di Alam itu karena akibat dari perbuatan manusia itu sendiri. Jadi, jagalah bumi kita ini dengan baik dan benar, agar musibah tidak datang menimpa kita sebagai manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar